Si Gentong, Jawara Durian Kalsel

Gubernur Kalsel, H Sahbirin noor menyerahkan hadiah kepada pemenang kontes durian di Desa Kiram Kabupaten Banjar, Senin (5/1). Pada kontes kali ini Si gentong, jenis durian dari Kabupaten Tapin terpilih menjadi juara 1 disusul durian marawin merah dari Tabalong sebagai juara kedua dan pampakin dari Balangan sebagai juara ketiga. MC Kalsel/rmd

Kabupaten Banjar,-

Kembali Pemprov Kalimantan Selatan, Senin (5/2) menggelar kontes buah durian, kali ini sebanyak 91 jenis durian yang datang dari 13 Kabupaten dan Kota se-Kalimantan Selatan di adu kenikmatannya.

Adalah desa Kiram, yang kali ini dipilih menjadi tempat diadakannya kontes “Raja” buah ini, tak tanggung-tanggung kontes ini dihadiri langsung Gubernur, Wakil, Sekda, dan Bupati Walikota se-Kalimantan Selatan.

Mereka sangat puas menyantap durian–durian terbaik dari Kalsel semuanya memuji kenikmatan, durian yang mengikuti kontes.

“Enak dan manis semuanya ini, bingung memilih juaranya”, ucap Rudy Resnawan Wakil Gubernur Kalsel.

Gubernur Kalsel juga memuji kelezatan durian yang disajikan, ”mantap semuanya, saya yakin durian Kalsel bisa jadi primadona dan bersaing dengan durian luar”, ucapnya.

Kontes durian ini, tambah Sahbirin sengaja diselenggarakan untuk mengangkat setiap potensi ekonomi yang ada disetiap daerah, “kontes ini utamanya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah, dengan mengembangkan potensi pertanian dan perkebunan”, ucapnya.

Sementara itu, Faturrahman Kadis Pertanian & Holtikultura Kalsel menambahkan, Pemenang kontes durian dipilih dari hasil dewan juri berdasarkan aroma dan rasa, ”disini kita bisa lihat bagaimana potensi durian lokal yang ada di kalsel, durian yang menang pada kontes ini akan kami usulkan menjadi produk unggulan nasional”, katanya.

Setelah proses penilaian oleh juri Si gentong, Jenis Durian dari Kabupaten Tapin terpilih menjadi jawara dalam kontes durian yang digelar Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan di desa Kiram, Kabupaten Banjar. Disusul Durian marawin merah dari Tabalong sebagai juara kedua dan Pampakin dari Balangan sebagai juara ketiga.

Dalam kontes ini Juara pertama mendapat hadiah uang tunai sebesar 15 juta rupiah,  juara kedua 10 juta rupiah dan juara ketiga 5 juta rupiah. MC Kalsel/rmd

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 


 

Pemprov Kalsel Perlu
Pendapat Anda!


Terima kasih telah mengakses portal berita kami.
Kesediaan anda mengisi survei kepuasan
sangat membantu kami untuk mengevaluasi
penyelenggaraan Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) tahun 2022
demi kemajuan pembangunan di Kalimantan Selatan.

 

 


Ya, Saya Bersedia

 

Tidak, terima kasih