Walikota Hadiri Rapurna TMMD 2017

Laksamana Madya TNI, Didit Herdiawan Ashaf mewakili Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanta menyampaikan sambutan sekaligus membuka secara resmi Rapat Paripurna TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-38 tahun 2017 di Gedung Balai Sudirman, Jakarta, Selasa (12/12). MC Kalsel/tgh

TNI AD menggelar Rapurna TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-38 tahun 2017 di Gedung Balai Sudirman, Jakarta, Selasa (12/12).

Kegiatan yang dihadiri para kepala daerah di Indonesia itu bertujuan untuk mengevaluasi kegiatan TMMD tahun 2017 yang telah mereka laksanakan.

Oleh karena itu Kasum TNI, Laksamana Madya TNI Didit Herdiawan Ashaf menjelaskan, kegiatan Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) bukan hanya milik TNI saja, tetapi kegiatan tersebut dilaksanakan secara terintegritas bersama pemerintah daerah.

“Dalam pelaksanaannya, sasaran dari kegiatan TMMD itu perencanaannya sesuai dengan Nawacita,” ujarnya, saat menyampaikan laporan

Tak hanya itu, kegiatan yang dihadiri langsung oleh Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina itu, Laksamana Madya TNI Didit Herdiawan Ashaf juga menjelaskan, bahwa kegiatan TMMD sudah dilaksanakan sejak tahun 1980, dan kegiatan tersebut dimaksudkan untuk mempercepat pembangunan khususnya di daerah terpencil dan pedesaan.

“Tahun 2017 kami sudah melaksanakaan TMMD sebanyak 171 TMMD. Dalam satu tahun kita melaksanakan 2 kali kegiatan TMMD. Dan Tahun 2018 nanti kegiatan TMMD akan kita tingkatkan menjadi 3 kali dalam setahun,” katanya.

Didit Herdiana  juga berpesan agar TMMD tahun yang akan datang, harus ada keseimbangan anggaran antara pemerintah daerah dan TNIs, elain itu, pesan lain yang disampaikannya adalah tentang pelaksanaan TMMD yang dilakukan oleh anggota TNI harus tertib administrasi dan berpedoman dengan aturan yang ada.

“Ini agar menghindari dari hal-hal yang tidak diinginkan,” pungkasnya.

Selanjutnya, selain untuk evaluasi kegiatan, rangkaian lain kegiatan yang dihadiri Dandim 1007 Banjarmasin Letkol (inf) Teguh Wiratama itu  adalah penyerahan tropy untuk lomba penulisan esai tentang TNI AD tahun 2017 tingkat nasional, dan karya jurnalistik TMMD ke 100 tingkat nasional.

Hebatnya juga, salah seorang yang dinyatakan sebagai pemenang dari dua lomba tersebut ternyata wartawan sebuah harian lokal yang bertempat tinggal di Kota Banjarmasin dan menjabat sebagai Sekretaris PWI Kalsel. Yusni Hardi. Ia berhasil memenang dua lomba, sebagai juara III untuk karya jurnalistik TMMD ke 100 tingkat nasional, dan juara II lomba penulisan esai tentang TNI AD tingkat Nasional tahun 2017.

Sekedar mengingatkan, sekira Bulan September lalu, Kodim 1007 Banjarmasin menggelar kegiatan TMMD di Jalan Sungai Gampa RT 22, RW 05, Kelurahan Sungai Jingah, Kecamatan Banjarmasin Utara.

Selain kegiatan yang bersifat fisik, di kegiatan TMMD itu juga dilaksanakan kegiatan bersifat non fisik seperti layanan kesehatan gratis, bimbingan penyuluhan anti narkoba dan bantuan pendidikan.(humpro-bjm). MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan