Dalam Waktu Dekat, Dinsos Kalsel akan Kirimkan Tim Tagana ke Provinsi Bali

Kepala Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Selatan, Adi Santoso saat memberikan keterangan kepada pers usai pelaksanaan Upacara Hari Bakti PUPR ke-72 di Halaman Kantor Gubernur Kalsel di Siring 0 Kilometer Banjarmasin, Senin (4/12). MC Kalsel/Jml

Taruna Siaga Bencana (Tagana) Provinsi Kalimantan Selatan terpilih menjadi salah satu tim Tagana dari beberapa Provinsi untuk dikirim ke Provinsi Bali dalam rangka membatu penanganan erupsi gunung agung.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Selatan, Adi Santoso saat ditemui usai pelaksanaan Upacara Hari Bakti PUPR ke-72 di Halaman Kantor Gubernur Kalsel di Siring 0 Kilometer Banjarmasin, Senin (4/12).

Adi mengungkapkan dalam beberapa waktu ini pihaknya telah mempesiapkan personil Tagana dengan keterampilam khusus untuk dikirim membantu permasalahan masyarakat yang terkena dampak bencana gunung agung di Provinsi Bali.

“Dalam minggu ini akan disiapkan surat perintahnya, untuk personil difokuskan pada penguatan gerakan Tagana lebih dahulu karena dana akhir tahun ini terbatas” ujarnya.

Sementara itu untuk mengantisipasi bencana alam yang juga terjadi di Kalsel tepatnya di Desa Pimpingan Kabupaten Balangan, Dinsos Kalsel telah menyalurkan bantuan berupa keperluan bahan pangan ke desa tersebut yang mana belum lama ini terdamapak bencana banjir karana disana merupakan kawasan yang dialiri oleh sungai dari Kabupaten Tabalong.

“Jadi saat terjadi hujan di Kabupaten Tabalong, banjirnya itu terjadi di Desa Pimping Kabupaten Balangan, yang menyebabkan sebagian desa terendam” tuturnya.

Lebih jauh Adi menjelaskan Dinsos Kalsel telah mengirimkan sebanyak 34 paket logistik untuk 34 kepala keluarga yang ada di Desa Pimpingan tersebut. Sementara itu untuk antisipasi di daerah lainnya, Dinsos kalsel telah siap memberikan bantuan sosial (bansos) kepada daerah yang terdampak bencana alam, namun harus sesuai dengan penilaian dari tim Tagana apakah masuk level Provinsi atau tidak.

“Yang masuk dalam kriteria bencana level Provinsi yakni, jika genangan banjir terjadi diatas 4-11 hari, dan jumlah warga yang terdampak bencana yakni 11 kepala keluarga keatas” jelas Adi.

“Stok bansos yang siap disalurkan diantaranya beras sebanyak 27 ton, jadi dimana daerah yang terjadi bencana kita akan buka dapur umum dan memberikan pelayanan kepada masyarakat yang terdampak bencana alam, terutama masyarakat yang telah diungsikan” pungkasnya. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan