Peringatan Apel Hari Pahlawan

Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina menjadi inspektur upacara saat apel Peringatan Hari Pahlawan di Halaman Balai Kota Banjarmasin, Jum’at (10/11). MC Kalsel/scw

Kegiatan peringatan hari Pahlwan yang jatuh setiap tanggal 10 November diperingati jajaran Pemko dengan melaksanakan kegiatan upacara bendera di Halaman Balai Kota Banjarmasin.

Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina dalam sambutannya menegaskan, tugu monumen perjuangan 9 November yang terletak di halaman Kantor KPPN Banjarmasin tidak akan dipindah atau digeser tetapi hanya akan memperluas lokasi kawasan tugu monumen tersebut.

“Tugu ini tetap ada disini. Artinya di kota – kota manapun di Indonesia pasti ada yang namanya monumen perjuangan, kalau memang ingin disatukan, rencana Pemko hanya ingin disatukan dengan kawasan eks Gubernuran lama, yang akan digunakan sebagai lahan terbuka hijau,” tegasnya, Jumat (10/11).

Oleh karena itu untuk rencana jangka pendek, lokasi kawasan tugu monumen tersebut akan di sterilkan dari area parkir. Sehingga ketika ada kegiatan atau keluarga para pahlawan dan masyarakat yang hendak mengunjungi monumen tersebut, mereka dapat leluasa berada di kawasan tersebut.

“Untuk rencana jangka pendek, nanti kami coba koordinasikan dengan Dishub, agar kawasan tugu monumen ini bisa dibebaskan dari kawasan parkir,” ujarnya.

Lebih jauh dirinya mengatakan dalam kegiatan yang diikuti jajaran Fokopimda Kota Banjarmasin, para  Asisten dan para kepala SKPD lingkup Pemko Banjarmasin itu, Ibnu Sina  juga menerangkan tentang rumah perjuangan 9 November yang lokasinya tak jauh dari tugu monumen tersebut.

Menurutnya, apabila pihak ahli waris berkenan, maka rumah perjuangan tersebut bisa dijadikan rumah untuk mengenang perjuangan pahlawan 9 November. Namun, jelasnya lagi, hingga saat ini pihak Pemko Banjarmasin dan pihak ahli waris belum ada pembicaraan.

“Silahkan saja kalau ahli waris bersedia karena memang itu merupakan rumah bersejarah juga,” ungkapnya.

Usai upacara peringatan hari pahlawan tersebut, acara kemudian dilanjutkan dengan mengunjungi tugu perjuangan masyarakat Kota Banjarmasin di kawasan kelurahan Pangambangan, Banjarmasin Timur dan penyerahan bantuan dari Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina dan Wakil Walikota Banjarmasin Hermansyah kepada para ahli warisnya

Selanjutnya, Walikota beserta jajaran Forkopimda Kota Banjarmasin dan para kepala SKPD meletakan karangan bunga di tugu monumen pertempuran masyarakat Kota Banjarmasin di halaman KPPN Banjarmasin.

Dari informasi terhimpun, 9 orang Pahlawan Kota Banjarmasin yang gugur dalam pertempuran tanggal 9 November 1945 itu antara lain, Badran, Badrun, Utuh, Umar, Tarin, Juma’in, Sepa, Dullah, dan Pak Ma’rupi. (humpro-bjm). (scw)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan