Banjarmasin Siap Raih Adipura Kencana

Walikota Banjarmasin, H. Ibnu Sina (berdiri) menyampaikan sambutannya dalam Rapat Pembinaan dan Sosialisasi Adipura Kencana Banjarmasin tahun 2018 di Hotel Banjarmasin Internasional, Kamis (2/11). MC Kalsel/Scw

Rapat Pembinaan dan Sosialisasi Adipura Kencana Banjarmasin tahun 2018, di Hotel Banjarmasin Internasional, Kamis (2/11) yang diadakan Pemerintah Kota Banjarmasin bersama Penyelenggaraan Pengelolaan Sampah, Ditjen Lingkungan Hidup, Kementerian Lingkungan Hidup serta dihadiri para kepala SKPD lingkup Pemko Banjarmasin, para Camat dan para Lurah.

Penghargaan Adipura kategori kota besar yang berhasil didapatkan kota Banjarmasin, ternyata tak membuat jajaran Pemko Banjarmasin berpuas diri.
Bahkan Pemko Banjarmasin kembali melirik penghargaan Adipura Kencana untuk bisa singgah di kota yang kota berjuluk seribu sungai, pada tahun 2018 nanti.

Walikota Banjarmasin, H. Ibnu Sina, saat menyampaikan sambutannya dalam Rapat Pembinaan dan Sosialisasi Adipura Kencana Banjarmasin tahun 2018 mengingatkan bahwa Banjarmasin akan melompat lebih tinggi menuju Adipura Kencana, dan kegiatan ini sangat strategis sesuai dengan tujuan kita yang ingin melompat lebih tinggi agar Adipura Kencana berhasil kita dapatkan. ‚ÄúTarget kita Adipura Kencana, minimal kita masuk nominasi” ,ujarnya.

Ibnu Sina juga menambahkan syarat yang harus dimiliki sebuah kota bukan hanya bersih, tapi harus ada juga inovasi dan kreatifnya.
Di Kota Banjarmasin kebersihan yang sudah masuk dalam salah satu skala rioritas adalah kebersihan kawasan sungai. Dan saat ini, di Indonesia ada daya tarik baru yang kini sedang dilakukan para pencinta sungai, yakni tentang kebersihan dan keindahan sungai. “Saat ini di Banjarmasin sedang berlangsung Kongres Sungai Indonesia, orang ingin sungai itu tidak hanya bersih, tapi lebih dari itu. Dari Deklarasi Melayu dan Kota Banjarmasin, kita coba menendangnya ke Istana agar bisa menjadi isu Nasional,” katanya.

Salah satu kunci mendapatkan Adipura Kencana, ujar Ibnu Sina lagi, adalah adanya inovasi dalam hal apapun. Untuk itu, ia meminta Kampung KB yang ada di kota ini harus bisa tampil berbeda dari kampung – kampung lainnya dan lebih meningkat dalam hal inovasi. Ibnu Sina juga ingin, keberadaan kampung hijau di Kota Banjarmasin lebih banyak lagi dan kawasan pasar serta drainase dijadikan prioritas untuk dibenahi oleh SKPD terkait.

Ibnu Sina menyatakan, tahun 2018 nanti sepanjang Jalan A Yani Banjarmasin dapat dibenahi, sehingga terlihat lebih bersih dan indah. “Jadi ketika orang yang berkunjung masuk ke kota ini, mereka bisa merasakan keindahan dan kebersihan kota ini. MC Kalsel/Scw

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan