Pesan Gubernur Kepada Calon Kwarda Gerakan Pramuka Kalsel

Gubernur Kalimantan Selatan, H. Sahbirin Noor (kiri) menyampaikan sambutannya sekaligus membuka secara resmi Musyawarah Daerah (Musda) XIII Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Kalsel di POP Hotel Banjarmasin, Sabtu (7/10). MC Kalsel/Ar

Gubernur Kalimantan Selatan, H. Sahbirin Noor mengungkapkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-56 Pramuka Tahun 2017, Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka menyatakan bahwa gerakan pramuka menjadi rumah besar kita dan pramuka dapat menyatukan bangsa ini ketika banyak pihak yang memiliki berbagai kepentingan lainnya.

“Potensi gerakan pramuka sangat besar mimpi dan visi misinya, anggota tersebar di seluruh pelosok tanah air dan jaringan yang kuat  dengan organisasinya yang terstruktur secara sistematis” ujar Gubernur Kalimantan Selatan, H. Sahbirin Noor pada acara Musyawarah Daerah (Musda) XIII Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Kalsel di POP Hotel Banjarmasin, Sabtu (7/10).

Menurutnya, gerakan pramuka merupakan salah satu pilar pendidikan kaum muda Indonesia, dituntut untuk dapat lebih berkontribusi secara nyata dalam hidup dan kehidupan berbangsa dan bernegara termasuk dalam menyelesaikan masalah kaum muda.

“Gerakan pramuka sebagai pelopor pembentukan karakter pemuda, kiranya memberikan sesuatu yang bernilai untuk membangun generasi muda yang tangguh, unggul, mencintai perdamaian, membenci permusuhan dan peduli terhadap permasalahan sosial” pungkasnya.

Gubernur Kalsel juga menjelaskan peran gerakan pramuka secara organisasi harus tetap berbenah diri dengan mempersiapkan segala sesuatunya secara matang termasuk mengelola regenerasi kepemimpinan daerah dengan sebaik – baiknya.

“Oleh karena itu, siapapun nanti yang terpilih menjadi Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Kalsel, akan mempunyai tugas besar untuk memikirkan strategi, program dan kegiatan yang tepat untuk membentuk gerakan pramuka sebagai pelopor dan pembaharu dalam mengatasi permasalahan kaum muda dan Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Kalsel harus mampu menjalin kerjasama dengan berbagai stakeholders baik dengan pemerintah, dunia usaha dan masyarakat” jelasnya.

Diharapkan gerakan pramuka dapat melakukan pembaharuan dalam mengatasi meningkatnya perilaku merokok pada usia muda, makin tingginya konsumsi narkoba dan zat adiktif, serta perilaku negatif lainnya yang menggerogoti generasi muda. MC Kalsel/Ar

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan