Mengenalkan Kain Tenun Pagatan Sampai ke Luar Negeri

JAKARTA – Kabupaten Tanah Bumbu (Kab. Tanbu) bangga karena Kain Tenun Pagatan dipakai langsung oleh Presiden RI Joko Widodo pada saat menjadi Inspektur Upacara pada Peringatan HUT RI ke 72 pada bulan Agustus lalu.
Dalam rangka mengenalkan kain tenun Pagatan agar dikenal secara luas dan menasional, maka Dekranasda Tanah Bumbu menjadikan Kain Tenun Pagatan sebagai produk unggulan daerah yang dibawa ke Pameran Kerajinan Kriya Nusa 2017.
Pameran Kriya Nusa dilaksanakan oleh Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) dengan peserta Dekranasda seluruh Indonesia dan UKM binaan Kementerian dan lembaga. Pameran ini berlangsung dari tanggal 26 September s.d. 1 Oktober 2017 bertempat di Jakarta Convention Center.
Kepada kru Media Center, Ketua Dekranasda Tanbu, Hj. Erwinda Mardani mengatakan Pameran Kriya Nusa menjadi ajang bagi kita untuk mempromosikan produk unggulan daerah.
“Ini merupakan langkah tepat bagi kita mempromosikan kain tenun Pagatan dan produk lainnya di ajang nasional,” ujar Winda.
Terkait agenda selanjutnya, Hj. Erwinda mengatakan dirinya akan mengenalkan kain tenun Pagatan diluar negeri.
“Bulan depan ada agenda kegiatan pelajar di Singapura. Pelajar yang bersekolah di sana akan mengenalkan budaya dari negara masing-masing. Untuk pelajar Tanah Bumbu akan memakai Kain Tenun Pagatan,” sebut Erwinda.
Erwinda mengatakan, selain membawa beberapa motif kain tenun, ia juga membawa produk olahan perikanan seperti amplang, kerupuk, dan baso ikan.
“Promosi yang dilakukan ini sebagai upaya kita mengenalkan produk unggulan daerah hingga ke luar negeri” ucap Erwinda seraya mengatakan Indonesia banyak memiliki ragam kebudayaan dan kerajinan, salah satunya kain tenun Pagatan agar dikenal mancanegara selain batik. (Rel/MC.Tanbu)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 


 

Pemprov Kalsel Perlu
Pendapat Anda!


Terima kasih telah mengakses portal berita kami.
Kesediaan anda mengisi survei kepuasan
sangat membantu kami untuk mengevaluasi
penyelenggaraan Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) tahun 2022
demi kemajuan pembangunan di Kalimantan Selatan.

 

 


Ya, Saya Bersedia

 

Tidak, terima kasih