DKD Tanbu Diharapkan Sebagai Pendorong Peningkatan Kualitas Seni Budaya Lokal

Staff Ahli bidang hukum dan Politik

Obsesinews.com,Tanah bumbu- Bupati Tanah Bumbu  Mardani H Maming menginginkan kiprah  Dewan Kesenian Daerah (DKD) Kabupaten Tanah Bumbu mampu meningkatkan kualitas  seni dan budaya daerah. Sehingga akan mendorong   para pelaku seni dan budaya daerah dalam melestarikan kearifan lokal yang ada.
Hal tersebut dikatakan  Staf Ahli Bupati Bidang Hukum Dan Politik Drs. H. Muhammad Thaha saat membacakan sambutan Bupati sekaligus membuka Musyawarah pembentukan penguru DKD Kab. Tanbu Priode 2017-2020 di Aula Bersujud  Kecamatan Simpang Empat Selasa (17/09).

Menurutnya, daerah ini memiliki kekayaan budaya serta seni khas yang sarat akan kearifan lokal, kerena itu para seniman yang  ada dianggap  mampu menyuguhkan karya seni terbaik serta bermutu kepada masyarakat.

“Melalui kekayaan khasanah budaya lokal itu, peran DKD diharapkan dapat menjembatani peningkatan kualitas seni dan budaya sekaligus menggali  kembali potensi kesenian daerah khsusnya di Kabupaten Tanah Bumbu,” ungkap Thaha.

Dia menuturkan, DKD dapat menjadi wadah untuk menyatukan seniman Tanah Bumbu dalam menemukan wajah, kekhasan, keunikan kesenian daerah. Yang nantinya dapat ditonjolkan ke tingkat regional nasional maupun internasional.

Kemudian, dapat menggerakan masyarakat seni maupun umum untuk semakin mencintai kesenian khas daerahnya.

Hal yang terpenting, keunggulan di bidang seni dan budaya turut mendukung visi dan misi pembangunan daerah dalam mewujudkan pusat kepariwisataan di Kalimantan Selatan.

“Dengan  demikian para seniman akan terus berkembang, mengeksplorasi dan mengekpresikan kreatifitasnya dalam berbagai wadah di berbagai level kegiatan seni dan budaya,”tutupnya.  (Rel/w/red)

sumber : Obsesinews.com

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan