Pembangunan Kawasan Industri Membuka Pertumbuhan Ekonomi Desa

BATULICIN – Pembangunan kawasan industri di Kabupaten Tanah Bumbu (Kab Tanbu) tak hanya mampu menciptakan pertumbuhan ekonomi daerah,   digadang-gadang juga mampu membuka pertumbuhan ekonomi desa disekitarnya.
Sebagian besar masyarakat yang akan merasakan dampak dari pertumbuhan dikawasan itu kedepannya adalah Desa Gunung Besar dan Desa Sungai Dua Kecamatan Simpang Empat.
“Otomatis kalau kawasan industrinya sudah jalan maka akan terbuka lapangan kerja dan juga akan ada perumahan-perumahan disekitar kawasan industri. Kerena rencana pelabuhannya akan di bangun di Desa Sungai Dua. Dan satu keuntungan Desa Gunung Besar yang dekat Sungai Dua akan menerima dampaknya,” Kata Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming saat malakukan silaturahmi dengan warga Desa Gunung Besar Kecamatan Simpang, Senin (21/8).
Menurut Bupati, menengok  sejarah   Kecamatan  Batulicin pada 25 tahun silam, sebelumnya wilayah itu boleh dikatakan  sepi, namun  setelah dibukanya  pelabuhan feri penyeberangan Batulicin  menuju Kotabaru,  maka kawasan itu  sekarang  sudah mengalami kemajuan yang luar biasa.
Begitu juga  Kecamatan Simpang Empat, setelah terbangun  pelabuhan samudera  maka kawasan disekitarnya menjadi ramai dan memberi dampak ekonomi yang signifikan terhadap masyarakat. 
“Bahkan akan lebih ramai lagi Gunung Batu Besar dan Sungai Dua setelah di bangun  pelabuhannya, sebab  pelabuhan yang ada di sungai dua ini adalah pelabuhan internasional, dimana kapal yang bisa masuk  kapasitasnya 30 ribu ton keatas, kalau di Samudera itu hanya  sekitar 7000 ton. Hal ini sangat diuntungkan bagi masyarakat  khususnya masyarakat Desa Gunung Besar,” jelasnya.
Bupati dua Periode tersebut sempat menyindir wacana  di dipindahkan ibukota Negara ke  wilayah Kabupaten Tanah Bumbu.
Hal tersebut cukup berasalan ungkapnya, jika  rencana pemindahan ibu kota negara itu terwujud maka  turut mendorong pengembangan  kawasan industri kedepannya.
“Kita berharap rencana itu saling beriringan, kawasan industrinya  terwujud sementara pengembangan menuju ditempatkannya ibu kota disini juga jalan,  dan dipastikan dampak positifnya turut juga kita rasakan bersama,” tandasnya. (win)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan