Pembangunan Kawasan Industri Batulicin dan Jorong di Kalsel Harus Segera Terealisasi

Suasana acara Focus Group Discussion (FGD) Pembangunan Politeknik Industri di Kawasan Industri Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan di Ruang Rapat H. Maksid Setda Prov. Kalsel, Banjarbaru, Kamis (10/8). MC Kalsel/Ar

Pada tanggal 10 April tahun 2017 dalam Rapat Terbatas Evaluasi Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional (PSN) dan Program Prioritas Provinsi Kalimantan Selatan. Presiden RI, Joko Widodo  meminta pembangunan kawasan industri di Batulicin dan kawasan industri Jorong harus segera terealisasi, demi mempercepat pertumbuhan dan pemerataan ekonomi di Kalsel.

Gubernur Kalimantan Selatan mengemukakan hal itu dalam sambutan tertulisnya yang disampaikan oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Prov. Kalsel, Gusti Yanuar Noor Rifa’i pada acara Focus Group Discussion (FGD) Pembangunan Politeknik Industri di Kawasan Industri Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu Prov. Kalsel di Ruang Rapat H. Maksid Setda Prov. Kalsel, Banjarbaru, Kamis (10/8).

Gusti Yanuar Noor Rifa’i mengatakan Kementerian Perindustrian RI sudah memberikan perhatian serius untuk membuka akses pendidikan di kawasan industri Batulicin dengan rencana pembangunan politeknik industri dan keberadaan politeknik industri itu akan lahir tenaga kerja yang siap untuk bekerja di kawasan industri yang sesuai dengan kebutuhan industri.

“Proyek pengembangan industri kedepan, juga penting untuk mempertimbangkan Sumber Daya Manusia (SDM) di daerah khususnya di wilayah kawasan industri” katanya.

Menurutnya, dengan adanya pembangunan kawasan industri dampaknya akan positif untuk banyak hal seperti memberi kemudahan bagi dunia usaha untuk memperoleh kavling industri siap bangun yang sudah dilengkapi dengan berbagai infrastruktur yang memadai.

“Persiapan untuk menciptakan SDM lokal yang berkualitas dan berdaya saing harus kita perhatikan terutama dengan membuka akses pendidikan bagi masyarakat sekitar wilayah kawasan industri” ungkapnya.

Lebih jauh dirinya mengatakan masuknya kawasan industri di Batulicin dan Jorong dalam PSN menjadi sebuah kemajuan dalam pengembangan industri di Kalsel.

“Kedua wilayah itu mampu berkembang secara cepat sebagai kawasan industri dan memiliki potensi pengembangan industri, juga didukung dengan infrastruktur pengembangan industri khususnya pelabuhan” jelasnya.

Diharapkan agar berkembangnya industri di 2 (dua) kawasan itu nantinya mendorong perluasan kesempatan kerja dan penting untuk kita perhatikan, perluasan kesempatan kerja itu sebaiknya juga dinikmati oleh tenaga – tenaga kerja di wilayah kawasan industri. MC Kalsel/Ar

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan