Peran Strategis Sekolah Dalam Promosi Kesehatan

Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi Pembangunan Setda Prov. Kalsel, Gusti Yanuar Noor Rifa’i saat menyampaikan sambutan tertulis dari Gubernur Kalimantan Selatan pada pembukaan Rapat Koordinasi Usaha Kesehatan Sekolah / Madrasah (UKS/M) di Ruang Rapat H. Maksid Setda Provinsi Kalsel, Banjarbaru, Kamis (3/8). MC Kalsel/Jml

Pendidikan kesehatan yang diselenggarakan sekolah memiliki peran sangat  vital, karena dari peran pendidikan tersebut akan dicapai peningkatan pengetahuan, prilaku, sikap dan keterampilan untuk hidup bersih dan sehat.

Hal ini diutarakan oleh Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan dalam sambutan tertulisnya yang disampaikan oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi Pembangunan Setda Prov. Kalsel, Gusti Yanuar Noor Rifa’i saat pembukaan Rapat Koordinasi Usaha Kesehatan Sekolah / Madrasah (UKS/M) di Ruang Rapat H. Maksid Setda Provinsi Kalsel, Banjarbaru, Kamis (3/8).

Menurutnya, UKS/M wajib diselenggarakan di sekolah, karena sebagai institusi pendidikan, sekolah mempunyai peran dan kedudukan strategis dalam upaya promosi kesehatan.

“Hal ini disebabkan  sebagian besar anak usia 5-19 tahun berada pada lembaga pendidikan dalam jangka waktu yang cukup lama, melalui pendidikan kesehatan dapat ditanamkan kebiasaan hidup bersih dan sehat, serta memiliki daya tangkal terhadap pengaruh buruk dari luar” tuturnya.

Secara umum, tujuan UKS/M adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan dan prestasi belajar peserta didik, dengan meningkatkan prilaku hidup bersih dan sehat serta kesadaran peserta didik untuk menciptakan lingkungan yang sehat. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan