Peringati Harkitnas ke 109, Bupati Tanbu Minta Dijadikan Momentum Memperkuat Semangat Nasionalisme

BATULICIN – Bupati Tanah Bumbu (Tanbu) Mardani H Maming meminta agar momentum Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke 109 dan HUT Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan ke 68 dijadikan sebagai momentum untuk memperkuat semangat nasionalisme.
“Kedua peringatan ini harus kita jadikan sebagai momentum untuk memperkuat semangat nasionalisme, persatuan dan tanggungjawab dalam rangka melanjutkan perjuangan para pendahulu kita terutama mengisi kehidupan masa kini untuk hal-hal yang berguna bagi daerah, nusa, dan bangsa,” Pinta Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu), H.M. Idjra’i pada saat menjadi Pembina Upacara Gabungan, Senin (22/5) di Halaman Kantor Bupati Tanah Bumbu, Gunung Tinggi, Batulicin.
Menurut Bupati Mardani H Maming, kemajemukan suku, agama, dan budaya serta kemajukan lainya yang dimiliki Indonesia jangan sampai mencerai-beraikan bangsa Indonesia.  Beda pandangan politik dan beda kepentingan adalah suatu dinamika yang perlu dihormati dengan  tetap menempatkan rasa persatuan dan kebangsaan diatas segala-galanya.
Terkait Harkitnas, Bupati menyebutkan, Harkitnas merupakan titik awal kebangkitan bangsa Indonesia untuk bersatu melawan penjajah dan penindasan.
 
Sedangkan Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan 17 Mei 1949 merupakan prestasi sejarah yang menunjukan kegigihan perjuangan komitmen untuk mempertahankan Negara Kesatuan Republik  Indonesia.
Sejalan dengan semangat  kebangkitan nasional tersebut maka Peringatan Harkitnas  ke 109 Tahun 2017 mengangkat Tema “Pemerataan pembangunan Indonesia yang berkeadilan sebagai wujud kebangkitan nasional”.
 
Tema tersebut diharapkan agar pemaknaan kebangkitan nasional lebih difokuskan pada perwujudan pemerataan pembangunan menuju Indonesia yang berkeadilan dari Sabang sampai Marauke, dengan tujuan untuk terus memelihara, menumbuhkan, dan menguatkan jiwa nasionalisme kebangsaan kita sebagai landasan dasar dalam melaksanakan pembangunan, menegakan nilai-nilai demokrasi, berlandaskan moral dan etika berbangsa dan bernegara, serta mempererat persaudaraan  untuk mempercepat terwujudnya visi dan misi bangsa Indonesia kedepan dalam bingkai NKRI.
Sementara itu, melalui Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan, Bupati Mardani H Maming mengajak kepada seluruh masyarakat untuk membangkitkan semangat perjuangan dan kesadaran bersama bahwa persatuan dan kesatuan merupakan modal utama untuk melangsungkan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
Kepada seluruh peserta Upacara Gabungan, Bupati Mardani H Maming juga mengucapkan selamat memperingati Harkitnas ke 109 dan HUT Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan ke 68.
 “Momentum ini hendaknya kita jadikan untuk semakin memantapkan semangat nasionalisme dan perjuangan kita untuk terus bekerja keras dalam membangun dan mewujudkan kesejahteraan masyarakat di Bumi Bersujud,” Ajak Bupati Mardani H Maming. (Rel/MC.Tanbu)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan