Haul Ke-12 Guru Sekumpul Dipadati Jamaah

Jutaan Jamaah haul tengah memadati jalan menuju Masjid Ar – Rauddah pada acara Haul ke-12 Al-‘Alim Al-Allamah Syekh Muhammad Zaini bin Abdul Ghani Al-Banjary (Abah guru Sekumpul), Martapura, Minggu (2/4). MC Kalsel/tgh

Haul ke-12 ulama besar Banjar, Almarhum KH. Muhammad Zaini Abdul Ghani atau yang lebih dikenal sebagai Guru Sekumpul berjalan dengan lancar. Haul yang diadakan setiap tahun sebagai peringatan hari wafat guru sekumpul pada 5 Rajjab ini digelar di Masjid Ar – Raudhah dan daerah sekitar Sekumpul, Kabupaten Banjar, Minggu (2/4).

Jutaan jamaah datang dari berbagai penjuru daerah dalam acara yang diadakan setiap bulan Rajjab tersebut.

“Tahun ini, jamaah jauh lebih banyak dari pada haul ke-11, tapi alhamdulillah meski disetiap sudut jalan dipadati oleh jamaah, acara tetap berjalan dengan lancar dan tidak memakan korban jiwa,” ujar salah satu jamaah haul, Ronal.

Meski acara dimulai beberapa saat sebelum sholat maghrib, namun sekumpul sudah dipadati jamaah sejak siang hari, bahkan ada juga datang dipagi hari.

Jamaah yang datang dipagi hari biasanya menghindari desak – desakan  yang terjadi saat akan memasuki acara haul dan agar dapat memasuki wilayah shaf sholat masjid Ar – Raudhah.

“Sudah biasa setiap tahunnya pasti ada saja yang tersesat atau kehilangan barang, tetapi hal tersebut tidak menyusutkan niat para jamaah untuk tetap memberikan doa kepada guru sekumpul,” ujar jamaah yang datang dari samarinda, Fitriyani.

Acara dimulai dengan dzikir bersama, membaca surah tabarak, kemudian membaca surat yasin, dilanjutkan bersholawat, dan diakhiri dengan menyenandungkan syair maulid habsyi.

Para jamaah yang menghadiri haul ini mendapatkan konsumsi yang sama setiap tahunnya yaitu nasi samin dengan lauk daging kari. “Konsumsi yang kami terima bukan sekedar makanan yang dibagi oleh panitia sebagai pengisi perut, akan tetapi kami memaknainya sebagai berkah dari haul-an guru sekumpul,” ungkapnya. MC Kalsel/Tgh

Mungkin Anda Menyukai